WHAT'S NEW?
Loading...

Pengenalan Jaringan Dasar

KONSEP JARINGAN DASAR

A. JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya, menggunakan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi.

1. Pembagian Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Jangkauan

  • PAN (Personal Area Network)

Personal area network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Misalnya kita menghubungkan komputer dengan mouse, keyboard, haedset, handphone menggunakan port USB/wireless (bluetooth, wifi, infrared).

PAN (Personal Area Network)
  • LAN (Local Area Network)
Jaringan LAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan jaringan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s

LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti, perkantoran, universitas pemerintahan, pusat pembelanjaan dan sebagainya. 

MAN (Metropolitan Area Network)



  • WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat diidefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet. 

WAN (Wide Area Network)

SEKIAN ARTIKEL YANG BISA KAMI SAJIKAN
SEMOGA BERMANFAAT, DAN
TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI SITUS KAMI :)

0 komentar:

Post a Comment